RSS

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

16 Jun

Kecelakaan dapat didefinisikan sebagai suatu kejadian yang tidak diinginkan, tidak terduga yang dapat menimbulkan kerugian material, disfungsi atau kerusakaan alat/bahan, cidera, korban jiwa, kekacauan produksi. Kecelakaan tidak harus selalu ada korban manusia atau kekacauan, yang jelas kejadian tersebut telah berdampak menimbulkan kerugian.
Pertolongan pertama adalah pertolongan pertama yang diberikan kepada seseorang yang sakit mendadak atau mendapat kecelakaan sebelum mendapatkan pertolongan seorang ahli yaitu dokter. Tujuannya adalah menyelamatkan jiwa, mencegah pemburukan kondisi, dan memulihkan penderita selekas mungkin. Prioritas puncak dalam situai darurat, sebelum memulai pertolongan pertama, adalah menelepon nomor darurat ambulans terdekat untuk mendapat tuntunan medis. Prioritas berikutnya adalah memeriksa sekitar adakah bahaya bagi diri penolong sendiri, korban atau orang lain, misalnya kebakaran atau uap beracun. Penolong tidak akan bisa menolong korban bila ia sendiri menjadi korban, sehingga periksa keadaan diri sendiri dulu.
Bila tidak menghampiri korban dengan aman, segeralah minta bantuan lewat telepon. Bila bisa mendekat dengan aman, segera periksa keadaan korbandan berikan pertolongan pertama.
Yang perlu diperhatikan dimana saja kapan saja bila terjadi kecelakaan adalah ABC-nya yaitu: A: airway (jalan napas), B: breathing (pernapasan), dan C: circulation (sirkulasi).
Yang dimaksud jalan napas disini adalah apakah jalan nafas tersumbat atau bebas, sedangkan pernapasan adalah apakah pernapasan ada atau tidak dan sirkulasi adalah melihat apakah sirkulasi darah stabil atau tidak hal ini dapat dinilai dengan memegaang denyut nadi dileher, apakah masih ada atau tidak .
Sikap dan kewajiban dan wilayah seorang penolong
 Sikap penolong :
1. Tidak panik, bertindak cekatan, tenang tidak terpengaruh keluhan korban jangan menganggap enteng luka yang di derita korban.
2. Melihat pernapasan korban jika perlu berikan pernapasan buatan.
3. Hentikan pendarahan, terutama luka bakar yang lebar.
4. Perhatikan tanda-tanda shock.
5. Jangan terburu-buru memindahkan korban, sebelum kita dapat menentukkan jenis dan keparahan luka yang dialami korban.
 Kewajiban Penolong :
1. Perhatikan keadaan sekitar tempat kecelakaan.
2. Perhatikan keadaan penderita.
3. Merencanakan dalam hati cara-cara pertolongan yang akan dilakukan.
4. Jika korban meningga segera beritahu polisiatau bawa korban ke rumah sakit.
 Wilayah penolong :
Pertolongan pertama pada kecelakaan sifatnya sementara. Artinya kita harus tetap membawa korban ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk pertolongan lebih lanjut dan memastikan korban mendapatkan pertolongan yang dibutuhkan.

 
Comments Off on Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Posted by on June 16, 2011 in pelajaran

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: